Mencari pekerjaan bisa menjadi hal yang sulit, bahkan untuk dirimu yang punya nilai akademis yang mumpuni sekalipun.
Selain kesabaran, tekad, dan kemampuan, kadang keberuntungan juga memberikan pengaruh yang besar.
Tapi lama-lama menganggur, jelas tidak enak bukan?
Untuk itu, yuk ikuti beberapa trik berikut ini, supaya kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Apa saja itu? Yuk simak artikel berikut selengkapnya
Daftar Isi
1. Kuasai Soft Skill Sebaik Mungkin
Tidak hanya nilai akademis yang penting, nyatanya soft skill sangat berperan penting dalam meraih kesuksesan hidup, termasuk mendapatkan pekerjaan.
Soft skill seperti kepemimpinan, komunikasi, kolaborasi tim, manajemen waktu, kemampuan beradaptasi, dan sebagainya, ternyata menjadi salah satu pertimbangan penting pihak perusahaan menerima dirimu atau tidak. Apalagi melihat keterkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar.
Soft skill ini menjadi cara perusahaan menilai para kandidatnya seperti seberapa besar ketekunan, tekad dan ketahanannya ketika menghadapi masalah.
Untuk itu, memiliki soft skill yang baik adalah hal penting. Ketika nantinya sudah bekerja pun, soft skill kamulah yang sangat membantu untuk meningkatkan karir.
2. Resume Yang Menarik dan Branding Diri Di Media Sosial
Perusahaan besar pastinya sangat memperhatikan citra diri mereka, termasuk karyawan yang bekerja di dalamnya.
Karena itu, memperbaiki Citra diri di segala sisi harus kamu perhatikan. Tidak hanya di resume tapi juga media sosial bahkan kehidupan sehari-hari.
Karena jelas perusahaan tidak mungkin menerima orang yang bermasalah.
Untuk itu, pastikan buat resume dengan semenarik mungkin. Lebih baik lagi, jika kamu bisa branding diri di media sosial secara profesional.
3. Jangan Terlalu Fokus Pada Satu Bidang Pekerjaan. Terbukalah Pada Berbagai Kemungkinan
Bekerja di pekerjaan impian memang menyenangkan. Namun, bagaimanapun hidup itu harus realistis.
Sarjana guru, tidak harus menjadi guru, begitupun dengan bidang yang lainnya.
Karena itu, tidak ada salahnya untuk terbuka pada bidang lain, asalkan kamu mempunyai kemampuan di sana. Toh, banyak perusahaan yang membuka lamaran tertentu tanpa memberatkan syarat akademis pelamar. Jadi tidak ada salahnya mencoba, asal kamu yakin mampu mengemban tugasnya.
4. Bangun Relasi dan Networking
Informasi pekerjaan sangat dibutuhkan ketika kamu ingin melamar kerja. Informasi tersebut bisa darimana saja. Namun, lebih baik jika mendapatkan pekerjaan dari rekomendasi seseorang.
Karena itu, tetap bangun Relasi positif dan networking seluas mungkin. Sebab itu akan membuka peluang bagimu untuk mendapatkan pekerjaan sebagaimana yang diharapkan
5. Latihan Wawancara
Wawancara kerja atau interview adalah tahapan selanjutnya ketika berkas lamaran kamu diterima oleh perusahaan. Bisa dikatakan wawancara kerja merupakan keputusan final apakah kamu akan diterima atau tidak.
Untuk itu, persiapkan diri dengan berlatih wawancara kerja yang baik, menjawab pertanyaan pihak perusahaan hingga negoisasi gaji. Sehingga saat wawancara kerja kamu bisa memberikan penampilan terbaik yang akan menarik pihak perusahaan.